Dunia ku

Senin, 07 Februari 2011

Cara mudah bikin Website atau Blog dan Keunggulan WordPress

Saat ini bisnis internet atau kerja online banyak dijadikan orang sebagai sumber penghasilan tambahan, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai bisnis utama atau mata pencaharian pokok. Bila kita ingin terjun ke bisnis internet mau tidak mau kita harus memiliki website atau blog. 



Untuk membuat website, kita tidak mesti jago atau menguasai bahasa dan kode-kode HTML, Javascript dan PHP karena terdapat banyak tool yang bisa kita gunakan. Aplikasi/software pembuat website seperti Dreamweaver atau Komodo edit di Mac bisa membantu kita men-design website. Atau cara paling mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi web/blog yang sudah tersedia seperti WordPress dan Blogspot dan kita tinggal mengisinya dengan content, mengedit beberapa hal, meng-install plugins dan memilih theme sesuai yang kita inginkan. Inilah yang disebut dengan CMS atau content management system, software atau sistem yang telah dibuat khusus dimana kita tinggal mengatur content-nya saja tanpa perlu pusing lagi dengan code html yang rumit.
WordPress adalah CMS yang paling bagus digunakan untuk membuat blog atau website. Meskipun sebenarnya WordPress awalnya dibuat untuk blog, tidak akan begitu sulit apabila anda ingin menggunakannya untuk membuat website. WordPress selain sederhana dan mudah digunakan juga sangat powerfull karena bisa dikembangkan isinya dengan adanya plugin. Plug in ini semacam fitur pelengkap yang bisa kita install ke wordpress tergantung kebutuhan kita. WordPress juga menyediakan themes baik free themes maupun paid themes yang bisa kita download dari berbagai situs penyedia theme. Tampilan blog/situs kita pun akan unik/berbeda dengan blog/site yang lain. Kita tinggal memilih theme sesuai dengan niche blog kita.
Keunggulan lain yang dimiliki oleh WordPress adalah, wordpress lebih ‘Google friendly’ alias ‘SEO friendly’ alias lebih bersahabat dengan search engine. Bahasa sederhananya, bila kita menggunakan wordpress untuk blog/website, blog/website kita tersebut akan dengan mudah dibaca oleh mesin pencari. Dari segi struktur permalink, meta description dan banyaknya plugin SEO optimize yang bisa kita install menjadikan blog/situs yang menggunakan wordpress sangat berpotensi untuk berada di peringkat pertama di halaman pencarian Google. Meskipun tidak sesederhana itu prosesnya karena masih ada faktor lain seperti off page optimization, dll tapi dengan menggunakan wordpress usaha kita untuk berada di peringkat pertama Google bisa lebih mudah, tinggal optimisasi yang lainnya. Worpress selain untuk blog personal, News, situs perusahaan, dll juga sangat cocok apabila kita ingin berjualan produk secara online/bikin toko online. Kita tinggal install beberapa plugin yang khusus untuk situs e-commerce/merchant/online store.
Bila anda baru di bisnis internet ada baiknya anda belajar dulu dengan membuat blog gratisan di WordPress atau Blogspot. Caranya mudah, bila anda belum memiliki akun email silahkan bikin email dulu, bisa di GMail atau Yahoo. Email ini nantinya anda gunakan untuk membuat website/blog gratis di WordPress atau Blogger. Setelah anda mahir disini, anda kemudian bisa memulai dengan membuat website yang self-host tapi tetap menggunakan CMS-nya WordPress. Anda tinggal mendaftarkan atau mencari domain baru untuk bisnis internet anda tersebut dan menyewa hosting sendiri. Cari domainnya bisa di GoDaddy.com atau tempat lainnya. Anda bisa menggunakan hosting gratisan tapi akan lebih baik lagi bila anda langsung membeli hosting yang berbayar, hitung-hitung investasi, apalagi harganya juga tidak terlalu mahal, tidak sampai seratusan dollar setahun, murah kan? Hosting yang recommended untuk pebisnis internet pemula adalah Hostgator. Cara pembayarannya juga cukup simpel karena kita bisa menggunakan PayPal atau Credit Card.
Selain WordPress masih banyak CMS lain yang bisa anda gunakan seperti Joomla, papaya CMS, Mambo, Serendipity dan banyak lagi yang lain. Semuanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, tergantung apa kebutuhan anda dan mana yang menurut anda gampang dikuasai.

Artikel lainnya yang mungkin ingin anda baca: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar